Download Aplikasi iJus Melon untuk Mendaftar

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha produktif yang perlu campur tangan pemerintah dalam rangka mengembangkan usahanya melalui program dan fasilitasi yang bertujuan untuk meningkatkan skala usahanya. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pendampingan dan pembinaan manajemen usahanya, pembinaan peningkatan ketrampilan serta membuka peluang pasar melalui promosi dan pameran baik di dalam maupun di luar daerah. Selain hal-hal yang berkaitan langsung dengan UMKM tersebut, Pemerintah juga harus mendorong stabilitas pasar, meningkatkan daya beli masyarakat dengan menerapkan strategi makro yang berpihak pada usaha kecil dan menengah.

Untuk itulah, dalam rangka fasilitasi dan sebagai bentuk campur tangan pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang memberikan fasilitasi untuk membuka peluang pasar sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagaimana termaktub pada pasal 18 huruf (d) tentang penyediaan sarana pemasaran yang meliputi penyelenggaraan uji coba pasar, lembaga pemasaran, penyediaan rumah dagang dan promosi Usaha Mikro dan kecil, melaluiGELAR INOVASI UMKM, KOPERASI DAN PKBL EXPO.

Penyelenggaraan acara ini dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kota Semarang cq.Dinas Koperasi dan UMKM dengan PT. Feraco sebagai organizer. Acara yang dilaksanakan selama 4 harisejak tanggal 8 - 11 Mei 2014 di Atrium Java Supermall ini dibuka secara resmi oleh Walikota Semarang yang diwakili oleh Asisten II Sekda Kota Semarang. Dalam sambutannya Walikota menekankan kepada UMKM untuk memanfaatkan ajang pameran ini tidak hanya untuk mempromosikan produk-produk saja, namun manfaatkan juga untuk belajar memahami selera konsumen dan selera pasar serta segmentasinya sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas produk.

Beragam produk-produk unggulan daerah kabupaten/kota di Indonesia ditampilkan di ajang ini, kualitas tentunya tidak kalah bersaing dengan produk-produk luar negeri. Pada gelaran ketiga ini ada 8 Propinsi, 20 Kabupaten, 7 Kota serta 11 BUMN/D dan Swasta Nasional berpartisipasi mengikutsertakan UMKM binaan masing-masing yang telah memiliki kualitas mumpuni, dengan karakter dan keunikan khas daerah masing-masing serta harga yang kompetitif karena langsung didatangkan pengrajinnya.

Selama penyelenggaraan event tersebut, yang digelar selama 4 hari berdsasarkan peserta yang melaporkan nilai transaksi, berhasil dibukukan transaksi sebesar Rp. 1.001.792.100,-.

         

 

Loading Player...
Watching: Selayang Pandang Kota Semarang (17:02)
Loading...

Tautan Situs Web









Layanan

Senin - Kamis:
09.0 s/d 14.00

Jumat:
09.00 s/d 11.00

Galeri Foto

Kunjungan Web

000789040
Hari iniHari ini468
KemarinKemarin879
Minggu iniMinggu ini1347
Bulan iniBulan ini13875
TotalTotal789040
Anggota yang login 0
Tamu 73
Anggota 3