Download Aplikasi iJus Melon untuk Mendaftar

Jumat (19/9) Pemkot Semarang kembali menggelar UMKM expo bertajuk “Semarang Introducing Market di lapangan simpanglima Semarang selama 3 hari hingga 21 September. Acara yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini menampilkan produk-produk unggulan di tiap wilayah kecamatan.

Jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan ini lebih dari  150 UKM yang terdiri dari berbagai komoditi yaitu: batik dan fashion, handycraft dan accessories produk agro dan Holtikultura serta olahan pangan dan olahan hasil laut.

Kepala dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Litani Satyawati mengungkapkan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peluang pasar UMKM Kota Semarang khususnya di dalam kota agar semakin dikenal dan memasyarakat, meningkatkan kualitas produk UMKM dengan mengetahui selera pasar dan segmen pasar di dalam kota, serta meningkatkan pemasaran dan omzet penjualan produk, meningkatkan penetrasi pasar agar mampu bersaing di era perdagangan bebas.

“Pada penyelenggaraannya, kami mengangkat tema “Kenal, Cinta, Bangga dengan maksud untuk menanamkan rasa memiliki, mencintai dan bangga akan produk-produk lokal Kota Semarang,” ujarnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, sambungnya, karena Kota Semarang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar dan sebagai masyarakat Kota Semarang sekaligus menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, harus terus mendorong penggunaan produk-produk lokal sehingga kita tidak menjadi pasar akan tetapi menjadi pelaku pasar pada perdagangan bebas Asean 2015.

Sementara Walikota Semarang Hendrar Prihadi yang hadir saat pembukaan mengungkapkan bahwa Data yang ada menunjukkan bahwa Kota Semarang memiliki potensi pertumbuhan UMKM yang sangat baik dengan pertumbuhan rata-rata mencapai 2,38% per tahun dan jumlah UMKM Tahun 2013 lalu di Kota Semarang mencapai 11.383 UMKM. “Dari jumlah tersebut, perannya sungguh luar biasa, karena mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 17.756 orang. Namun sungguh ironis, meski sudah banyak produk UMKM yang  berkualitas dan dipasarkan sampai ke luar negeri, banyak warga masyarakat Kota Semarang yang belum kenal,” tutur Walikota.

Karenanya, lebih lanjut ia menyampaikan melalui event ini kita ingin membuka wawasan warga masyarakat bahwa Kota Semarang memiliki produk-produk unggulan yang kualitasnya tidak kalah dengan produk-produk dari daerah lain. Tepat sekali jika tema yang diangkat ”Kenal, cinta, bangga”, harapannya dengan mengenal produk-produk lokal, warga Kota Semarang akan mencintai dan ikut mempromosikan produk-produk lokal.

“Sebagai bagian dari masyarakat Kota Semarang, kita patut bersyukur dan bangga karena Kota Semarang merupakan kota yang komplit, kaya akan potensi alam, demografi dan memiliki potensi unggulan berupa industri-industri yang berkembang dengan cukup pesat dan banyak produk unggulan yang kota Semarang miliki yang perlu terus kita promosikan,” tukasnya.

Untuk skala kecil, Kota Semarang memiliki produk-produk unggulan seperti kerajinan batik, konveksi, sepatu/tas, termasuk makanan olahan, bandeng presto, wingko, lunpia, indutsri tahu/tempe dan panggang ikan. Sedangkan untuk skala besar, produk unggulan yang ada di Kota Semarang di antaranya industri logam, industri pakaian jadi, furniture, keramik (Sango dan Brilliant), industri jamu, industri makanan dan minuman dan industri rokok (Gentong gotri, Pusaka Hidup, Prau Layar dan Sampoerna).

“Pemasaran atau marketing menjadi kunci utama agar produk-produk unggulan yang ada khususnya di Kota Semarang bisa lebih dikenal masyarakat, karenanya Saya berharap tahun ini Semarang Introducing Market akan memberikan hasil yang lebih baik dari penyelenggaraan tahun lalu,” pungkasnya seraya mengajak seluruh warga Semarang untuk datang dan meramaikan event tersebut.

 

 

 

 

Loading Player...
Watching: Selayang Pandang Kota Semarang (17:02)
Loading...

Tautan Situs Web









Layanan

Senin - Kamis:
09.0 s/d 14.00

Jumat:
09.00 s/d 11.00

Galeri Foto

Kunjungan Web

000789040
Hari iniHari ini468
KemarinKemarin879
Minggu iniMinggu ini1347
Bulan iniBulan ini13875
TotalTotal789040
Anggota yang login 0
Tamu 78
Anggota 3